Artikel

Ingin Berbisnis Jasa Impor Barang dari China? Simak Panduannya Disini!

Ingin Berbisnis Jasa Impor Barang dari China, Simak Panduannya Disini

Diklaim menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, belakangan ini semakin banyak saja yang berminat untuk menjalankan bisnis jasa impor barang, terutama dari negara China. Terlebih lagi jika melihat adanya revolusi di bidang industri yang menjadi penyebab utama sekat – sekat pembatas antara negara yang seolah menghilang. Impor barang dari luar negeri pun kini bukan lagi menjadi persoalan yang sulit dan penuh resiko.

China adalah salah satu negara yang menjadi pilihan untuk bisnis jasa impor satu ini, sebab menyediakan beragam barang dengan harga yang lebih terjangkau jika dibanding dengan negara lain. Belum lagi biaya import barang dari China juga terbilang murah.

Tertarik untuk memulai bisnis jasa impor dari China? Simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Tips Bisnis Jasa Impor Barang dari China

Menentukan Jalur Impor dari China

Sebagai langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menjalankan bisnis jasa impor barang adalah memperhitungkan terlebih dulu jalur impor yang akan diambil. Untuk saat ini, ada sekitar 4 jalur yang bisa ditempuh untuk impor barang dari China, antara lain :

  • Jalur konvensional lewat pelabuhan
  • Jalur langsung atau dengan mendatangi supplier di China
  • Menjadi jasa titip atau yang biasanya dikenal dengan sebutan jastip ketika berkunjung, maupun berlibur ke China
  • Jalur online

Untuk menghemat biaya, disarankan agar Anda memilih jalur online. Selain hemat, cara ini juga tidak memakan waktu dan lebih praktis dibanding jalur langsung atau konvensional. Anda hanya perlu mengendalikan bisnis lewat gadget dan internet tanpa repot – repot pergi ke China. Apalagi sekarang sudah semakin banyak saja platform penyedia jasa impor barang dari China.

Memahami Regulasi Impor Barang

Hal lain yang tidak kalah pentingnya perlu Anda pahami adalah mengenai regulasi impor barang dari China. Untuk impor barang dari luar negeri pastinya tidak akan sama seperti ketika Anda membeli barang dari dalam negeri. Jika di dalam negeri Anda hanya perlu memilih barang dari supplier kemudian membayarnya. Hal tersebut berbeda dengan impor barang dari luar negeri, ada beberapa aturan, syarat dan tentunya regulasi yang wajib dipenuhi.

Mengenai aturan dan regulasi ini, semuanya tergantung pada produk yang akan diimpor. Aturan untuk pengiriman produk makanan dan minuman tentunya berbeda dengan produk mainan. Agar tidak salah melangkah, silakan coba lakukan riset untuk lebih memahami mengenai regulasi tersebut.

Pilih Supplier Terpercaya

Agar bisnis Anda berjalan lancar tanpa resiko yang bisa merugikan, penting pula untuk memastikan memilih supplier yang terpercaya. Biasanya, setelah paham mengenai regulasi impor barang dari China, Anda akan tahu kriteria supplier yang terpercaya dan baik. Supplier yang recommended akan mematuhi regulasi impor barang yang telah ditetapkan pemerintah.

Hal penting lainnya yang perlu dibahas adalah mengenai metode pembayaran. Usahakan untuk memilih supplier yang terbuka mengenai hal tersebut. Dengan begitu urusan impor barang pun menjadi lebih mudah. Biasanya, impor dari China menggunakan metode pembayaran L/C (Letter of Credit) atau Documentary Collection. Pilih mana metode pembayaran yang menurut Anda paling mudah dan tidak membebani sehingga tidak menghambat laju bisnis Anda kedepannya.

Sementara itu untuk masalah pemilihan produknya sendiri, disarankan agar Anda memilih produk berharga murah dengan kualitas bagus. Dengan begitu Anda akan lebih mudah lagi menarik konsumen untuk membeli barang yang Anda tawarkan tanpa harus membuatnya kecewa.

Demikian informasi seputar tips berbisnis jasa impor barang dari China. Semoga informasinya bermanfaat dan menginspirasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *