Artikel

Bagaimana Cara Impor Barang dari China? Ini Dia Tips & Triknya

Bagaimana Cara Impor Barang dari China Ini Dia Tips Triknya

Cara impor barang dari China ini penting untuk Anda tahu, terutama bagi Anda yang berencana untuk menjalankan bisnis ekspor dan impor barang dari luar negeri. Sudah menjadi rahasia umum kalau barang-barang dari China dikenal dengan harganya yang murah, sehingga cukup menggiurkan sekali jika dijual kembali di Indonesia dengan harga yang lebih tinggi.

Menariknya, perbandinga harga beli dengan harga jual barang impor dari China bisa mencapai 10 kali lipat. Namun demikian, pastinya juga ada resiko investasi yang bisa saja terjadi mengingat semua bentuk investasi memiliki resikonya masing – masing.

Untuk meminimalisir terjadinya resiko, berikut akan kami bagikan tips dan cara impor dari China yang bisa Anda lakukan.

Cara Impor Barang dari China

Memilih Impor Jalur Pelabuhan China

Apabila Anda akan melakukan impor barang dari China, biasanya akan ada banyak pihak seller di China yang melakukan beberapa kesepakatan. Mulai dari harga produk sampai pengiriman. Sebagai importir, Anda memiliki tanggung jawab terhadap barang yang akan dikirimkan. Mulai dari pelabuhan di China sampai di pelabuhan di Indonesia hingga sampai ke tangan konsumen.

Adapun keuntungan memilih jalur pelabuhan adalah Anda bisa impor barang dengan skala besar. Jalur ini umumnya dimanfaatkan oleh perusahaan besar, sebab memang biaya yang harus ditanggung tergolong tinggi. Kekurangannya, Anda harus ikuti prosedur ekspor impor barang yang tidak mudah, mulai dari surat – surat yang harus ditanda tangani sampai urusan bea cukai.

Memilih Impor Jalur Online

Cara impor barang dari China selanjutnya adalah lewat jalur online, ini merupakan jalur paling mudah, praktis dan pastinya hemat biaya juga waktu. Anda bisa mulai berbelanja online di toko atau markeplace milik orang China.

Jika dibandingkan dengan jalur pelabuhan, jalur online lebih direkomendasikan, terutama bagi Anda yang baru memulai bisnis ekspor impor barang. Alasannya, semua proses pengiriman menjadi tanggung jawab pihak penjual. Anda hanya perlu membayarkan produk yang dibeli.

Untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis jasa impor dari China ini Anda hanya perlu menaikkan harga produk yang tertera. Jadi, kelebihan dari jalur online ini adalah kemudahan untuk melakuakn transaksi layaknya Anda membeli produk dari marketplace di Indonesia.

Memilih Impor Jalur Pariwisata China

Meskipun belum banyak yang tahu, tetapi ini merupakan jalur yang tidak kalah menariknya untuk dipilih saat Anda akan melakukan impor barang. Dengan memilih jalur pariwisata, artinya Anda sendiri yang akan pergi ke China bersama agen pariwisata tertentu yang akan mengantarkan Anda ke China. Lalu, agen tersebut akan berhenti disatu tempat di mana Anda akan membeli barang – barang yang dibutuhkan.

Namun demikian, Anda harus terlebih dulu mendapat izin pariwisata ke luar negeri untuk menuju ke China. Kelebihannya, tentu Anda akan terbebas dari namanya prosedur ekspor impor barang dari China yang terbilang rumit dan ribet itu. Anda bahkan juga berkesempatan untuk mendapatkan produk dengan harga miring, sebab Anda membelinya langsung di toko di China.

Memilih Impor Jalur Pribadi

Terakhir adalah lewat jalur pribadi. Ini merupakan jalur yang hampir sama dengan jalur pariwisata di atas, dimana Anda akan terbang ke China atas nama wisatawan lalu datang ke beberapa toko di China yang menjadi tempat tujuan untuk membeli produk tertentu.

Anda bisa membuat beberapa kesepakatan untuk pengiriman barang, Anda bahkan bisa meminta nomor kontak mereka dan meminta harga miring sebab akan dijual kembali ke Indonesia.

Nah, itu dia beberapa cara impor barang dari China yang bisa Anda coba. Semoga informasinya bermanfaat.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *