Artikel

10 Produk Pertanian Yang Memiliki Pasar Ekspor Potensial

Jasa ekspor impor Jakarta

Sebagai negara agraris, Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan komoditi pertanian terbesar. Karena posisi Indonesia terletak di jalur katulistiwa, hampir semua tanaman dapat tumbuh di alam Indonesia. Pasar Ekspor Produk Pertanian Potensial

Nah, sekarang kita akan membahas produk-produk pertanian apa saja yang memiliki potensi besar untuk diekspor serta bagaimana cara ekspor hasil pertanian.

1. Sayur-mayur dan buah-buahan

Ada banyak buah dan sayuran yang dapat kamu ekspor dari Indonesia, misalnya saja kelapa, pisang, sawi atau pun kubis. Potensi ekspor komoditi ini begitu besar, baik itu ke pasar Jepang, China atau pun Malaysia, yang memang mereka negara paling besar menerima ekspor pisang dari Indonesia. Dengan besarnya pasar buah dan sayuran ini, potensi ekspor pun sangat besar.

2. Kopi

Komoditi lain yang sangat potensial untuk diekspor ialah kopi, baik itu untuk jenis Robusta atau pun Arabica. Coba deh kamu lihat ekspor Indonesia untuk komoditi ini pada tahun 2017 mencapai 63.237,6 ton ke Amerika dan 44.739,6 ton ke Jerman. Melihat angka tersebut tentu itu menunjukkan jika pasar kopi memang sangat besar.

3.  Tembakau

Beberapa negara seperti Amerika, Belgia, Srilanka, Republik Dominika dan Belanda adalah negara yang sering menerima ekspor tembakau dari Indonesia. Misalnya saja pada 2017 Srilanka menerima ekspor sebesar 1.086 ton, Belanda 871,8 ton, Republik Dominika sebesar 753,3 ton. Terakhir Amerika Serikat yang terbanyak, sebesar 2.827,3 ton.

4. Biji Cokelat

Indonesia merupakan salah satu penghasil biji kakao terbesar di dunia, dimana Indonesia menduduki peringkat ketiga. Menurut data statistik ada sebesar 55.299,4 ton ekspor biji kakao dari Indonesia. Harusnya angka tersebut dapat dibanggakan dan menjadi motivasi bagi Indonesia untuk terus mengembangkan biji cokelat dengan daya tarik yang mampu bersaing dengan negeri lain.

5. Kelapa sawit

Satu lagi nih komoditas ekspor indonesia dari hasil pertanian, yaitu kelapa sawit yang memang terbilang popular, terlihat semakin banyaknya perkebunan sawit di Indonesia. Ada sekitar 12.538.00 ha perkebunan sawit yang tercatat pada 2017. Indonesia juga telah mengekspor pada tahun itu sebanyak 287.703.000 ton minyak kelapa sawit ke luar negeri.

6. Getah karet dan sejenisnya

Indonesia sebagai negara yang memiliki lahan yang sangat luas tentu memiliki potensi yang besar untuk terus mengembangkan hasil getah karet. Tercatat berdasarkan data BPS bahwa volume ekspor remah Indonesia mencapai 2,49 ton. Angka tersebut bisa saja terus meningkat seiring dengan bertambahnya hasil dari getah karet atau sejenisnya di Indonesia

7. Lada hitam

Satu lagi nih hasil pertanian yang kamu ekspor dari Indonesia, yaitu lada hitam. Komuditas yang satu ini juga sangat potensial untuk diekspor ke luar negeri, seperti ke Perancis, Amerika, india, Vietnam, Jerman, Singapura, Belanda dan Srilanka. Dengan banyaknya negara yang menerima lada hitam, memungkinkan petani Indonesia dapat mengekspor lebih banyak komoditi ini.

8. Rempah dan Tanaman obat aromatik

Rempah-rempah serta tanaman obat aromatik pun menjadi komoditi yang bisa diekspor dari Indonesia. Prospek bisnis di bidang rempah cukup menguntungkan, Biasanya yang diekspor antara lain jahe, kunyit, kayu manis, cengkeh dan lain sebagainya. Beberapa negara yang menerima hasil pertanian tersebut seperti negara Amerika, Pakistan, Singapura, China, Bangladesh dan negara-negara lain.

9. Gaharu

Kayu gaharu telah menjadikan Indonesia sebagai negara terbesar yang mengekspor komoditi ini dan tercatat bahwa Kalimantan Utara adalah yang terbesar menyumbang kayu gaharu. Adapun tujuan ekspor kayu gaharu ialah ke negara-negara di timur tengah dan juga China. Untuk itulah Indonesia masih memiliki potensi yang besar untuk terus menjadi negara pengekspor kayu gaharu.

10. Tanaman hias

Kita tahu Indonesia sangat kaya akan tanaman hias, terdapat sekitar 173 jenis tanaman ini di negara kita. Tanaman hias tersebut dapat diekspor ke negara-negara di Eropa seperti Belanda, Jerman, Denmark dan Italia. Adapun tanaman hias yang dapat diekspor ialah bunga Sain Polia, Aglonema, bunga tilansia dan lain sebagainya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *